Minggu, 25 Oktober 2015

Analisa Tagline



1.      The World In Your Hands (Telkom)
PT Telkom merupakan salah satu perusahaan telekomunikasi dan informasi terbesar di Indonesia yang melayani lebih dari 100 juta pelanggan yang tersebar diseluruh penjuru Indonesia. Perusahaan milik pemerintah Indonesia ini memiliki tagline "the world in your hands" yang artinya "dunia ada dalam genggamanmu".



1.      Mengatasi Masalah Tanpa Masalah ( Pegadaian )
Yang menjadi uneg-uneg adalah sebenarnya slogan tersebut. Slogan itu terkesan bombastis. Mungkin yang dimaksud daripada slogan itu adalah, Daripada menggadaikan barang kepada orang/badan yang tidak jelas ataupun mempunyai suku bunga mencekek leher lebih baik menggadaikan barang kepada kami, Perum Pegadaian.



1.      One Heart ( Honda )
Mengumumkan tagline baru “One Heart” yang akan menjadi filosofi perusahaan dalam memberikan produk dan layanan terbaik konsumen sepeda motor di Indonesia. Slogan baru itu ditetapkan untuk lebih menyamakan visi dan misi dengan pemasaran motor Honda di dunia yang lebih menitikberatkan kepada konsumen di pangsa pasar kawula muda.




1.      Bukan Basa Basi ( Mild )
Produk A Mild dari Sampoerna yang 97% sahamnya dikuasai oleh Philip Moris itu memiliki tema iklan yang patut ditelisik secara mendalam. Sebagai salah satu pelopor rokok dengan kadar nikotin rendah (mild), A Mild yang diluncurkan pada tahun 1987 memiliki beberapa tagline menarik. “Other Can Only Follow”, Bukan Basa Basi”, dan “Tanya Kenapa?”, adalah beberapa contoh slogan dan tagline yang disuguhkan A Mild untuk menjaring konsumen khususnya para kaulamuda yang merokok dengan kadar nikotin rendah.





1.      Go Ahead ( Sampoerna )
Untuk yang tak pernah nyaman
 yang tak pernah berhenti mencari 
Untuk siapa yang bertujuan untuk tersesat
 mengikuti kemana hati ingin pergi 
Untuk yang malu untuk malu
Berusaha sama agar berbeda
Untuk yang takut, takutlah pada penyesalan
Untuk sang pelopor dan sang pemberontak
Lupa daratan pada setiap tantangan dan kemungkinan
Untuk yang siap tersandung tanpa harus jatuh 
Untuk yang siap mencari dan tersesat 
Untuk yang siap hidup untuk diri 
Go Ahead!

Teks diatas diambil dari salah satu iklan A Mild dengan versi bertema “Untuk Diri”, jika dibaca atau didengar sekilas, kita akan merasa bahwa kata-kata tersebut penuh inspirasi, atau minimalnya memberi kesan menyemangati. Sedangkan bagi para remaja kita yang mungkin masih terbatas wawasan dan pola fikirnya karena masih dalam masa pencarian jati diri, kata-kata diatas seolah menawarkan identitas “keren” yang siap pakai. Maka dari itu dari pihak perusahaan Amild membuat text tersebut dengan metode pembacaan yang sekilas tetapi mengandung penuh inspirasi.
Dan pengertian lain “Go Ahead” telah mengajak dan mengajarkan pemuda kita untuk hidup secara hedone, suka-suka diri sendiri. Tiada ukuran tentang kebenaran, kebaikan, kesalahan, serta keburukan melainkan atas dasar kepentingan dan nafsu pribadi semata.





1.      Terus Terang Philips Terang Terus ( Philips )
Kalimat "terus terang" adalah intrigue words yang bermakna solid, dilanjutkan dengan kalimat "terang terus" yang meracuni pikiran segala lapisan status sosial orang Indonesia. Brand positioning yang dihasilkan dari tagline tersebut tidak ada batasan, menembus ke semua kalangan. Dan kali ini Philips hadir dengan selogan ”Satu Lampunya, Panjang Umurnya” dan artinya tidak terlalu jauh dengan yang sebelumnya “Terus Terang Philips Terang Terus” yang maknanya sama – sama awet dan kuat dengan kualitas.




1.      Bongkar Kebiasaan Lama ( Top Kopi )
Dalam kata bongkar dalam selogan iklan top kopi tersebut berarti Bahwa … sudah saatnya kita membongkar kebiasaan tidak baik dari semua itu dan membangun kembali dengan modal pondasi yang lebih kokoh dan terarah. Persis seperti apa yang dikatakan Iwan Fals dalam iklan kopinya itu.








1.      Healthy Inside, Fresh Outside ( YOU C 1000 )
Dalam slogan You C 1000 Healthy Inside, Fresh Outside, yaitu citra produk You C 1000 sebagai produk berskala global dan internasional yang berkualitas tinggi dan merupakan minuman kesehatan yang alami, modern, dan inovatif, serta baik untuk kesehatan manusia. Citra produk ini adalah bagian penting yang dikonstruksikan dalam iklan versi Garden dan slogan You C 1000 Healthy Inside, Fresh Outside.





1.      Come To Where The Flavor, Come to Marlboro City ( MARLBORO )
Come To Where The Flavor, Come to Marlboro City adalah tagline yang digunakan untuk memperkuat citra macho dan kemerdekaan yang hendak ditampilkan, Leo Burnett juga tak lupa menambahkan berbagai atribut lain buat sang pria Marlboro, termasuk meminjam ilustrasi musik populer dari film western terkenal the Magnificent Seven yang dibintangi Yul Brynner dan Steve McQueen, serta menyediakan kawasan ngarai beserta padang rumput dengan nama imajiner ”Marlboro Country” tempat para koboi Marlboro bebas keluyuran dengan kudanya menggembala ternak, bermain tali laso, atau sekadar duduk-duduk sembari menyeduh kopi panas di tempat terbuka.


1.      Berani Kotor Itu Baik ( RINSO )
                Melalui slogan “Berani Kotor itu Baik”, Rinso ingin menyampaikan bahwa tidak takut kotor memang baik: ini adalah bagian  perkembangan anak yang baik. Begitulah anak belajar, mengekspresikan kreativitasnya dan bahkan mempertebal sistem kekebalan mereka. Ini adalah cara yang berharga untuk memperkaya hidup mereka, baik tua maupun muda. 

  
1.  Cantik Alami Seutuhnya (SARIAYU)
          Mengacu pada konsep holistik, Sariayu membawa slogan “Cantik Alami Seutuhnya”. Sebuah pemikiran kecantikan dari filosofi “Rupasampat Wahyabiantara”, yaitu perpaduan harmonis antara kecantikan lahiriah dan batiniah.




1. Trust Me Its Works ( L-MEN )
             L-MEN HI PROTEIN BAR mempunyai slogan yg berbunyi TRUST ME, IT WORKS! Yang artinya Percayalah ini  bekerja maksud dari iklan ini apabila kita mengkonsumsi l-men hi protein bar / snack praktis tinggi protein dijamin badan kita bias terlihan lebih gagah dan tampak maskulin.


1. Think Different ( APPLE )
            Steve Jobs mempunyai prinsip kerja yang diilhami dari kata-kata bijak dari kawasan Asia. Prinsip kerjanya tersebut sempat menjadi moto Apple beberapa tahun lalu, yaitu Think Different atau berfikirlah berbeda. Mungkin kata tersebut sangat simple, namun mempunyai arti yang sangat dalam.





1. Permen Pelega Tenggorokan (HEXOS )
          Tagline permen pelega tenggorokan di gunakan pada produk HEXOS kerena sudah terkenal Hexos dengan permen mint yang menyegarkan tenggorokan, dan rasanya pun berbagai macam sehingga membuat bau mulut terjaga wanginya.

  
1. Be Champion ( BIG COLA )
            Minuman satu ini sudah tidak asing kita dengar karena seringnya muncul di berbagai stasiun televisi Indonesia maupun luar negeri, dengan tagline “Be Champion” big cola sering kali benjadi brand support di acara – acara olahraga pada umumnya di Negri Inggris yang telah  menjadi endorsnya Manchester United di cabang olah raga sepak bola di ajang piala Champion beberapa tahun silam. Mungkin dari situ lah terlahir selogan Big Cola Be Champion

  

Tidak ada komentar:

Posting Komentar