Minggu, 13 Desember 2015

Tugas Akhir Semester



COPYWRITING

Pengertian Copy Writing
Copywriting adalah kemampuan ‘creative advertising’ dalam mengolah kata dan menciptakan naskah periklanan yang menggabungkan kerja intelektual dan seni untuk memenuhi pesan penjualan. Copy Writing juga merupakan tata tulisan dengan aneka gaya dan pendekatan yang dihasilkan melalui strategi, perencanaan dan kerjasama antar klien, account execituve dan tim kreativ dalam advertising agency.
Copywriting juga sering diistimewakan dan sangat penting dalam proses eksekusi sebuah karya iklan karena di dalam teks-lah gambaran mengenai bentuk, arahan, dan target yang akan dicapai dapat disimak.

  
Fungsi Copywriting
1.      Copywriting membantu kita mengenal perpaduan gaya bahasa faktual dengan imajinasi, dapat dibedakan dengan tulisan lainnya,
2.      Membuat klien lebih percaya oleh kata-kata yang menentramkan dari copywriting. Oleh karena itu, sejak awal harus disadari bahwa copywriting lebih banyak menyentuh sisi emosional daripada rasional. Maka Faktor kejujuran memegang peranan sangat penting bagi copywriter dalam menciptakan copywriting.
3.      Copywriting juga berfungsi untuk menggugah, menarik perhatian, memindahkann, mengidentifikasikan, menggalang kebersamaan dan sekaligus mengkomunikasikan pesan dengan nilai komparatif kepada khalayak sasaran.


Sejauh mana anda bisa mendapat kejelasan tantang membuat latihan copywriting sebagai bagian kegiatan DKV ?
 
            Dari refrensi diatas sejauh ini yang saya bisa dapatkan didalam perkuliahan Copywriting adalah saya mengetahuin cara mengolah kata – kata ataupun kalimat di dalam sebuah naskah produksi, seperti misalkan kita sebagai mahasiswa Desain Komunikasi Visual kegiatan pameran itu sudah lumrah kita lakukan setiap tahunnya dan dalam kegiatan tersebut pastilah ada yang namanya pembukuan atau rancangan biaya yang kita harus rancang dan itu terbalut dalam sebuah proposal kegiatan. Dari tugas copywriting kemarin saya bias kutip perancangan sebuah proposal kegiatan tentang “Pameran Karya Mahasiswa DKV” yang itu juga sebagai tugas dari perkuliahan copywriting. Saya merancang semua itu semenarik mungkin agar pembaca mengerti dengan maksud ide kreativ dari kita sebagai mahasiwa DKV. 


Bagaimana pendapat anda tentang penulisan naskah produksi ?

            Menurut saya belajar tentang Penulisan Naskah Produksi adalah hal yang baik juga untuk menunjang kita sebagai mahasiswa Desain, karena dalam Penulisan Naskah Produksi banyak hal-hal yang perlu diperhatikan baik dalam segi penulisan, layout desain dan penataan kata yang baik dan benar. Untuk mempermudahkan kita dalam pagelaran sebuah acara, penggalian dana, sponsorship pengajuan acara Proposal adalah salah satu hal yang paling dasar dan yang harus dimiliki untuk mempermudah mendapatkan hal-hal tersebut. Maka dari itulah mempelajari bagaimana tata cara penulisan Naskah Produksi adalah hal yang sangat menunjang kita sebagai mahasiswa desain untuk dipelajari.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar