COPYWRITING
Pengertian Copy Writing
Copywriting adalah kemampuan ‘creative advertising’ dalam mengolah
kata dan menciptakan naskah periklanan yang menggabungkan kerja intelektual dan
seni untuk memenuhi pesan penjualan. Copy Writing juga merupakan tata tulisan
dengan aneka gaya dan pendekatan yang dihasilkan melalui strategi, perencanaan
dan kerjasama antar klien, account execituve dan tim kreativ dalam advertising
agency.
Copywriting juga sering diistimewakan dan sangat penting dalam
proses eksekusi sebuah karya iklan karena di dalam teks-lah gambaran mengenai
bentuk, arahan, dan target yang akan dicapai dapat disimak.
Sumber
Refrensi : http://cvkaryabersama.blogspot.co.id/2009/11/pengertian-umum-copywriting.html / http://zaki-adverthink.blogspot.co.id/2009/11/pengertian-copywriting-dalam-periklanan.html
Fungsi
Copywriting
1. Copywriting
membantu kita mengenal perpaduan gaya bahasa faktual dengan imajinasi, dapat
dibedakan dengan tulisan lainnya,
2. Membuat klien
lebih percaya oleh kata-kata yang menentramkan dari copywriting. Oleh karena
itu, sejak awal harus disadari bahwa copywriting lebih banyak menyentuh sisi
emosional daripada rasional. Maka Faktor kejujuran memegang peranan sangat penting
bagi copywriter dalam menciptakan copywriting.
3. Copywriting
juga berfungsi untuk menggugah, menarik perhatian, memindahkann, mengidentifikasikan,
menggalang kebersamaan dan sekaligus mengkomunikasikan pesan dengan nilai
komparatif kepada khalayak sasaran.
Sumber
Refrensi : http://cvkaryabersama.blogspot.co.id/2009/11/pengertian-umum-copywriting.html / http://zaki-adverthink.blogspot.co.id/2009/11/pengertian-copywriting-dalam-periklanan.html
Sejauh mana anda bisa mendapat kejelasan
tantang membuat latihan copywriting sebagai bagian kegiatan DKV ?
Dari
refrensi diatas sejauh ini yang saya bisa dapatkan didalam perkuliahan
Copywriting adalah saya mengetahuin cara mengolah kata – kata ataupun kalimat di
dalam sebuah naskah produksi, seperti misalkan kita sebagai mahasiswa Desain
Komunikasi Visual kegiatan pameran itu sudah lumrah kita lakukan setiap
tahunnya dan dalam kegiatan tersebut pastilah ada yang namanya pembukuan atau
rancangan biaya yang kita harus rancang dan itu terbalut dalam sebuah proposal
kegiatan. Dari tugas copywriting kemarin saya bias kutip perancangan sebuah
proposal kegiatan tentang “Pameran Karya Mahasiswa DKV” yang itu juga sebagai
tugas dari perkuliahan copywriting. Saya merancang semua itu semenarik mungkin
agar pembaca mengerti dengan maksud ide kreativ dari kita sebagai mahasiwa DKV.
Bagaimana pendapat anda tentang penulisan
naskah produksi ?
Menurut saya belajar tentang
Penulisan Naskah Produksi adalah hal yang baik juga untuk menunjang kita
sebagai mahasiswa Desain, karena dalam Penulisan Naskah Produksi banyak hal-hal
yang perlu diperhatikan baik dalam segi penulisan, layout desain dan penataan
kata yang baik dan benar. Untuk mempermudahkan kita dalam pagelaran sebuah
acara, penggalian dana, sponsorship pengajuan acara Proposal adalah salah satu
hal yang paling dasar dan yang harus dimiliki untuk mempermudah mendapatkan
hal-hal tersebut. Maka dari itulah mempelajari bagaimana tata cara penulisan
Naskah Produksi adalah hal yang sangat menunjang kita sebagai mahasiswa desain
untuk dipelajari.
Tidak ada komentar:
Posting Komentar